Rabu, 15 September 2010

Kemah Besar 2010


23.44 |


Salam pramuka, tahun ini gudep pramanda mengadakan event yang biasa diadakan satu tahun sekali yaitu event kemah besar.Yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-24 Juni 2010 kemaren, kemah kali ini bertempatkan di Ds. Kandangan, Kare Kab.Madiun, sama seperti kemah besar tahun sebelumnya. Kemah besar kali ini mengangkat tema“ By Camping Let’s Make Our Nature as Our”.

Sebenarnya kemah besar itu apa sich?,kemah besar itu adalah suatu kegiatan berkemah dialam dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, dan mendidik para siswa-siswa MAN 2 Madiun, pesert kemah besar sendiri hanya siswa-siswi MAN 2 Madiun saja.

Tujuan dari diadakannya kemah besar itu sendiri adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, menambah rasa cinta tanah air dan menambah penghayatan terhadap kebesaran Allah SWT melalui ciptaannya,untuk membina karakter para siswa, dan untuk melatih kemandirian peseta. Peserta kemah besar kelas X berjumlah 321 peserta, panitianya berjumlah 56 termasuk 6 pembina. Ketua panitia kemah besar tahun ini adalah Hendro Lutfianto, ada seksi-seksi. Yang beda dalam kegiatan ini, terdapat seksi toritorial, seksi toritorial bertugas mencari jalan / rute-rute.

Jarak antara kampus hijau MAN 2 Madiun dengan desa kandangan ± 30 km (jauh juga ye ?), untuk sampai di desa kandangan, peserta dan panitia dinaikkan ke 9 truk. Selama perjalanan peserta disuguhi pemandangan yang subhanallah !… indanhnyo!
Naik bukit, turun bukit, berkelok-kelok, tapi semuanya bisa dilibas dengan kebersamaan peserta.

Kegiatan kemah besar sangat banyak, pada hari pertama setelah sampai dibuper, peserta dipersilahkan mendirikan tenda. Karena hari pertama, jadi kegiatannya belum terlalu berat. Hari kedua ada kegiatan smart kuis, kegiatannya tentang lomba pengetahuan umum dan masalah keparamukaan. Ada juga lomba wawalin, apaituwawalin?  nah… awalnya peserta mengira bahwa lomba wawalin adalah lombawa was an lingkungan, ternyata… wawalin itu lomba dandan ala jengkelin, disitu setiap sangga mewakilkan 2 orang, yang satu dandan ala jengkelin dan yang satunya dandan  laki-lakinya. Serupokoknya..!!!. ada juga lomba free music, disini peserta diperbolehkan memainkan music dengan alat music seadanya, seperti sendok,panci, dan kawan-kawan. Malamnya ada lomba training motivation, lomba nasyid, ada juga lomba cinta lagu tanah air.

Besoknya, hari ketiga, hari ini peserta megikuti haking, terdapat 4 pos yang harus dilalui. Rutenyapun berkelok-kelok, ada yang naik…, adajuga yang turun…, pos yang paling seru yaitu di pos 3. Dipos 3 peserta diharuskan turun ke sungai, diadakn lomba kekompakan. Setelah haking, ada kegiatan out bond, disini juga dilatih kekompakan masing-masing sangga.
Hari terakhir tak terasa kemah besar berakhir.

Di kemah besar, banyak hal-hal unik yang terjadi, diantaranya ; pada acara wawalin ada yang berdandan sangt mirip dengan jengkelin, suaranya juga mirip sampai-sampai Pembina ketawa-ketawa, waktu haking ada salah satu sangga yang tersesat, dan masih banyak lagi hal-hal unik yang terjadi.

Setiap kegiatan pasti ada beberapa hambatan, hambatan kemah besar, diantaranya ; rencana awalnya panitia mengiginkan untuk ke Poncol Magetan namun karena beberapa hal jadi tidak jadi, ada peserta yang minta diperhatikan, susah diatur, susah disuruh tidur, ada yang sakit saat haking, ada beberapa kegiatan yang molor, waktunya juga mepet dengan ulangan semester.

Event kemah besar merupakan kegiatan terakhir yang dipegang oleh dewan ambalan angkatan kali ini, banyak kesan dan pesan yang disampaikan kepada kelas X maupun kelas XI
Kesan DA ; kegiatannya seru, enjoy, tidak ada tekanan batin dari peserta, kemah kali ini dijadikan refresing saja.
Pesan untuk kelas X baru ;masuk pramuka yang rajin ya!, pramuka itu akan kita rasakan manfaatnya setelah 5 atau 10 tahun yang akan datang, bukan besok atau lusa, ok!
Pesan untuk DA yang baru ; kalau diberi tanggung jawab dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dijaga kerjasamanya, kekompakannya, jangan ada rasa individual untuk menyelesaikan masalah. Tetap Semangat !on fire !!!.


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar